Ini Soal Deretan Kopi Mahal Dunia: Ada yang Seharga Motor

Jumat, 22 Januari 2021 09:40 WIB

Skoppi – Kopi termasuk dalam deretan minuman populer dunia. Banyak alasan orang untuk menggemari kopi. Salah satunya soal legenda seputar penemuan kopi. 

Selain tentang sejarahnya, kopi juga merupakan minuman yang bisa diterima oleh semua agama dan keyakinan di dunia. Itu berlaku saat alkohol mulai dilarang.  

Kopi mengandung kafein yang mampu merangsang kerja saraf dan otak manusia. Aromanya menggugah semangat.

Kedai kopi itu pelabuhan banyak kepentingan. Mulai dari tempat untuk berkencan, melakukan pertemuan bisnis, belajar, hingga interaksi sosial lain yang bermanfaat. Banyak hal lain dari kopi yang mampu menyedot keingintahuan para penikmatnya. Asal usul petani, perkebunan, proses yang diterapkan usai panen, profil sangrai, hingga cita rasa yang ditawarkan bisa menjadi bumbu informasi soal kopi. 

Beberapa kopi varietal atau single origin tertentu, dihargai sangat tinggi di pasaran dunia. Saking tingginya, ada yang hingga seharga motor. Ingin tahu kopi dari mana sajakah yang dibanderol sangat tinggi tersebut?

Dikutip dari https://www.globalbrandsmagazine.com , inil tujuh kopi berharga fantastis di dunia tahun 2020.

Posisi ke-7 Hawaiian Kona Coffee, 1,1 juta rupiah per kilogram.

Kopi ini memiliki aroma yang luar biasa dengan cita rasa yang unik. Kopi Kona menjadi salah satu kopi termahal di dunia lantaran berasal dari varietas kopi langka, sehingga hanya sedikit jumlah produksinya setiap tahun. jadi bisa dikatakan siapapun yang bisa membeli kopi ini adalah penikmat kopi yang beruntung.

Urutan ke-6 Los Planes Coffee, 1,3 juta rupiah per kilogram.

Kopi Los Planes dibudidayakan di perkebunan kopi keluarga milik Sergio Ticas Yeves di El Savador. Kopi ini meraih tempat kedua pada Cup of Excellence El Savador tahun 2006, dan posisi ke-6 di ajang serupa tahun 2011. Cita rasanya yang terkenal adalah gula merah, karamel, dan jeruk keprok. Banyak penggemar kopi rela membayar lebih untuk mendapatkan kopi los planes.

Posisi ke-5 Fazenda Santa Ines Coffee, 1,6 juta rupiah per kilogram.

Kopi Fazenda Santa Ines memiliki cita rasa yang fruity dan aroma yang manis. Dibudidayakan di dekat kaki Gunung Mantiquera, Brazil, dan sudah berproduksi lebih dari 100 tahun. Kopi yang sangat berharga ini diburu oleh banyak orang di seluruh dunia, yang tertarik dengan cita rasanya yang mengandung banyak rasa buah berbeda yang lezat.

Di peringkat ke-4 Jamaican Blue Mountain Coffee, harganya lebih dari 1,6 juta rupiah per kilogram.

Kopi Jamaican Blue Mountain hanya dibudidayakan di Pegunungan Biru, Jamaica pada ketinggian 5000 kaki (di atas 1500 mpl). Wilayah tumbuhnya memiliki curah hujan tinggi dan persediaan air yang melimpah. Uniknya, buah kopi langsung diproses di perkebunan setelah dipanen, kemudian dikemas dan dikirim. Cita rasa yang terkenal dari Kopi Jamaican Blue Mountain adalah ringan dan tidak pahit. Kopi ini sangat terkenal di Jepang, yang merupakan salah satu importer terbesar kopi Jamaican Blue Mountain.

Urutan ke-3 St. Helena Coffee, harganya mencapai 2,6 juta rupiah per kilogram.

St. Helena adalah sebuah pulau terpencil di sebelah selatan Samudra Atlantik, sekitar 2800 km sebelah barat pesisir Angola. Pulau ini terkenal sebagai tempat pengasingan terakhir Napoleon Bonaparte, sang Kaisar Perancis, dan saat ini menjadi destinasi wisata sejarah dan petualangan yang terkenal.

Kopi lokal yang dibudidayakan di Pulau St. Helena menjadi minuman favorit Napoleon Bonaparte saat diasingkan disana, dan semakin terkenal sejak saat itu. Mahalnya biaya distribusi kopi St. Helena menjadi salah satu penyebab tingginya harga kopi ini, namun penggemar kopi St.Helena tetap rela merogoh kocek lebih dalam lagi karena kualitasnya yang tinggi dan cita rasanya yang lezat.

Kopi Termahal Urutan ke-2  Hacienda La Esmeralda Coffee, 11,4 juta rupiah per kilogram

Kopi dari Hacienda La Esmeralda adalah kopi jenis Panama Gesha dan sering meraih tempat pertama di berbagai ajang kontes kopi dunia selama bertahun-tahun. Perkebunan kopi Hacienda La Esmeralda membudidayakan kopi di Baru Mountain, Panama.

Perawatan kopi Gesha cukup sulit karena hanya tumbuh di ketinggian 1600-2100 mdpl, memerlukan cukup air dan pohon penaung. Meski begitu, rasa madu dan jeruk yang kompleks, aroma melati, dan acidity yang lembut memberikan kombinasi cita rasa luar biasa yang membuat kopi ini dibanderol harga yang fantastis.

Kopi Termahal di Dunia Finca El Injerto Coffee, harganya 16,2 juta rupiah per kilogram.

Inilah kopi Finca El Injerto yang harganya sebanding dengan harga 1 unit motor. Perkebunan Finca El Injerto terletak di Guatemala. Pohon kopi dibudidayakan di hutan berusia ribuan tahun dan ketinggian 1650 mdpl, yang menciptakan iklim mikro yang sesuai untuk pertumbuhan dan menghasilkan kopi berkualitas luar biasa. Hasil panen yang sedikit menyebabkan kopi Finca El Injerto menjadi salah satu kopi langka yang banyak diburu para penggemar kopi dunia.

Selain tujuh kopi termahal di dunia tahun 2020, ada 2 jenis kopi yang diproses secara berbeda mempergunakan bantuan hewan, yaitu kopi luwak dan kopi black ivory. Kedua jenis kopi ini akan dibahas di artikel lain.

Tentunya harga kopi yang selangit menjamin keaslian dan kualitas yang luar biasa dari beragam kopi di atas.   Tertarik mencoba cita rasa kopi seharga motor? Atau sudah pernah mencoba salah satu kopi luar biasa itu? Share yah!