Cerita Melitta: Emak-emak Penemu Kertas Filter Kopi

Rabu, 20 Januari 2021 11:09 WIB

Skoppi - Pour over merupakan satu dari sekian banyak metode menyeduh kopi manual paling cepat, efisien, juga praktis. Metode ini, menghasilkan seduhan terbaik di kelas manual brew. 

Salah satu piranti paling penting dalam metode pour over adalah kertas saringan. Nah, tahukah Anda siapa penemu kertas saring yang menjadi sangat penting dalam dunia perkopian saat ini? 

Seorang ibu rumah tangga asal Jerman bernama lengkap Amalie Auguste Melitta Bentz adalah penemunya. Perempuan kerlahiran 30 Januari 1873 itu, awalnya menggunakan kertas blotting dari buku catatan anaknya untuk membuat filter dan cangkir kaleng yang dilubangi dengan paku. 

Percobaan itu ia lakukan lantaran Mellita merasa kecewa dengan hasil seduhan alat percolator atau sebutan lainnya adalah mokapot atau mokastove.  Setelah beberapa kali mencoba, Meliita lantas puas dengan alat baruya itu. Sebab, kopi hasil seduhan kertas saringnya sesuai dengan harapannya, tidak terlalu pahit dan berampas.

Tahun 1908, Melitta mendaftarkan paten atas temuannya tersebut, dan memulai bisnisnya dengan merek Melitta. Suami dan anak-anaknya merupakan karyawan pertama perusahaan yang sang ibu dirikan.

Pada 1910, perusahaan milik Melitta memenangkan medali emas di Pameran Kesehatan Internasional dan medali perak di Asosiasi Saxon Innkeepers. Banyak penghargaan susulan yang diterima atas temunya itu.

Tahun 1930, Melitta memperkenalkan filter yang berbentuk kerucut pada dunia. Kemudian, tahun 1960, Melitta memutuskan dripper dengan satu lubang di bagian bawah, yang menjadi signature produk mereka, dan dikenal hingga sekarang.

Model dripper Melitta adalah immersion dripper, dimana kopi terendam lebih lama sebelum menetes ke cangkir.

Kini perusahaan dipegang oleh para cucu Melitta. Berkantor pusat di Minden, perusahaan yang diawali oleh seorang ibu rumah tangga itu sekarang menghidupi 3.300 orang karyawan yang tersebar di 50 kantor cabang.